Tips Agar Menghindari Kesalahan Besar Dalam Mengatur Keuangan di Usia Muda

Semakin bertambahnya usia, semakin bertambah pula kebutuhanmu — termasuk dalam hal finansial. Ketika kamu masih ditanggung orangtua dulu, mungkin kamu tidak pernah punya rencana apapun tentang kebutuhan finansialmu. Namun setelah mulai hidup mandiri seperti saat ini, barulah kamu mengerti betapa melek finansial sejak dini itu penting!
1. Janganlah Menunggu Gaji Datang
Maksudnya, Masih lima hari hingga hari gajian dan Kamu bertahan hanya dengan beberapa puluh ribu rupiah untuk makan dan transport setiap hari dan disini akan membuat kamu menunggu-nunggu gajian berikutnya. Untuk menghindarinya buatlah anggaran pengeluaran yang kamu keluarkan saat kamu menerima gaji dan aturlah sebaik mungkin . Dimana saat kamu menerima gaji jangan langsung menghabiskannya dengan membeli makanan yang mahal dan hal-hal lain yang tidak kamu butuhkan.  
2. Miliki Rekening Tabungan
Rekening tabungan berbeda dengan rekening gaji. Sangatlah penting bagi setiap orang untuk mempunyai rekening tabungan supaya ia dapat menyimpan dana darurat yang dapat di gunakan sewaktu-waktu. Para ahli mengatakan bahwa dana darurat sepantasnya berisi uang minimal sejumlah 3-6 kali pendapatan agar sewaktu-waktu dapat mengatasi situasi darurat. Dana darurat dapat kamu gunakan untuk membayar biaya rumah sakit saat kamu atau keluarga kamu sedang terkena penyakit atau parahnya lagi jika kamu berhenti bekerja dengal alasan suatu hal. 
3.  Jangan Bergantung pada Orang Tua Saat Hari Hujan

Hal yang paling buruk tentang minimnya uang saat darurat adalah keterpaksaan meminta uang untuk menutupi kebutuhan darurat tersebut. Dan ujung-ujungnya kita tergantung dengan orangtua kita dengan cara meminjam uang kepada mereka, lantas bagaimana jika orangtua kita sudah tidak bekerja ataupun sudah tidak dapat memberikan kamu pinjaman suatu saat. Apa yang akan lakukan?? tentunya itulah gunanya agar kita jangan terlalu bergantung mengandalkan orangtua. Jika kamu sudah berpenghasilan alangkah bagusnya jika kamu yang memberikan uang kepada orangtua bukan.
4.  Memikirkan Kondisi Saat Kamu Pensiun Kelak
Bagaimana dengan dana pensiun Kamu? Kamu mungkin masih muda, tetapi sekaranglah saat yang tepat untuk memikirkan dana pensiun Kamu.

KESIMPULAN, jadi belum terlambat untuk mempelajari seni menunda kepuasan. Kontrol diri adalah cara terbaik. Jika Kamu tidak mampu membeli sesuatu, tunggulah sampai Kamu memiliki uang tunai cukup untuk membayarnya. Jika Kamu merupakan profesional muda tanpa tanggungan, bukan tidak mungkin bagi Kamu menyisihkan Rp1 juta untuk ditabung setiap bulan.
Bagaimana Kamu dapat melakukannya? Mulailah mencatat pengeluaran Kamu yang tidak boleh melebihi pendapatan. Buat daftar ke mana saja Kamu membelanjakan uang Kamu selama sebulan dan lihat bagian mana yang dapat Kamu kurangi. Jika saja Kamu membatasi minum-minum yang tidak perlu atau berpikir dua kali sebelum membeli iPhone baru, Kamu sudah akan menabung banyak!
Belajarlah membuat anggaran dan hidup sesuai kemampuan untuk menghindari musibah finansial!


Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 Inponih - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia