10 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

Banyak orang menghindar santapan lezat daging kambing, karena memberikan kontribusi kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Dan itu membuat masyarakat sedikit ketakutan untuk mengkonsumsinya.  Bagi umat Muslim di Indonesia, daging kambing identik dengan tradisi qurban di momen perayaan Idul Adha  Menariknya, selain makna mengasihi, momen perayaan Idul Adha juga menjadi ajang untuk 'berpesta' makan daging kambing bersama dengan sanak family.
Namun, perlu anda ketahui bahwa kandungan lemak jenuh dalam daging kambing masih kalah dengan jumlah lemak tak jenuhnya. Dan satu lagi yang perlu menjadi catatan, kandungan lemak jenuh dalam daging kambing lebih sedikit dibanding kandungan lemak jenuh pada daging sapi dan daging domba.
Daging kambing telah dikonsumsi di seluruh dunia selama berabad-abad, dan sangat lazim dalam masakan Meksiko dan India. Melihat nilai gizi daging kambing, merupakan salah satu klasifikasi yang baik untuk tubuh sehingga harus ditangani dan disiapkan dengan benar agar dapat berguna dengan memberikan manfaat bagi tubuh kita.

Kandungan Gizi Daging Kambing

Sebelum kita menyimak ulasan manfaatnya lebih baik kita mengetahui berbagai manfaat dan kandungan gizi yang terdapat dalam sajian daging lezat ini. Berikut adalah kandungan gizi dari 100 gram daging kambing((NutritionFacts, Mutton, cooked, roasted (Navajo). Diakses 20 November 2014)).

Nilai gizi pada daging kambing terutama tergantung pada cara yang disiapkan dan seberapa besar porsinya.
Berdasarkan NutritionData.com per 100 grams daging kambing memiliki beberapa Nutrisi yang cukup tinggi:
Kalori : 234, Kalori dari lemak 100
Lemak 11g (17 % dari kebutuhan harian)
Lemak Jenuh 5g (26%)
Kolesterol 109 mg (36 % kebutuhan harian)
Sodium 135 mg 6%

Setelah melihat kandungan gizi ini, apa saja manfaat daging kambing untuk kesehatan kita?

1. Menjaga kesehatan jantung
Apakah anda sering mendengar orang berkata daging kambing dapat meningkatkan kolesterol? Itu sebenarnya adalah anggapan yang salah. Karena sebenarnya setiap 100 gram daging kambing hanya mengandung 1 gram kolesterol.
Daging kambing tidak akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, malahan daging merah ini membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah arteroklerosis, penyakit jantung koroner, dan masih banyak lagi.

2. Mencegah Anemia
Daging kambing merupakan salah satu daging yang termasuk dalam kelas daging merah, seperti yang kita ketahui daging merah sangat penting untuk dikonsumsi saat anda mengalami anemia.

3. Mengurangi nyeri saat haid/menstruasi
Biasanya para wanita yang sedang mengalami haid, mereka akan merasakan nyeri yang begitu dahsyat. Nyeri tersebut sebenarnya wajar, mengingat ketika haid zat besi dari tubuh banyak terbuang.
Untuk memenuhi kandungan zat besi dan mengurangi rasa nyeri, kamu bisa mengonsumsi daging kambing secara rutin setiap harinya. Dengan demikian, kebutuhan zat besi untuk tubuh dapat terpenuhi secara optimal.

4. Mencegah kanker
Kaya akan kandungan CLA yang merupakan turunan asam lemak baik untuk bantu cegah tubuh dari serangan kanker.

5. Menurunkan berat badan
Tinggi protein dan rendah lemak jenuh, di mana kedua hal tersebut bagus untuk mendukung program diet penurunan berat badan. Selain itu, daging kambing juga kaya akan vitamin B yang dapat bantu percepat pembakaran lemak dalam tubuh.

6. Mencegah autisme, stres, dan depresi
Daging kambing mengandung senyawa omega 3 yang cukup tinggi, kandungan tersebut tersinergi secara sempurna bersama dengan vitamin B12. Omega 3 bermanfaat untuk mencegah anak autis. - Kaya akan kandungan vitamin B12 yang bermanfaat untuk hindarkan tubuh dari stres dan depresi.

7. Pembentukan Otot
Kandungan protein dalam daging kambing merupakan salah satu yang paling besar di bandingkan dengan daging-daging lainnya. Protein kita ketahui merupakan zat yang sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Diperkaya dengan kandungan selenium, daging kambing bisa dibilang mengandung antioksidan cukup tinggi. Seperti kita ketahui bersama, kandungan antioksidan sangatlah baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai macam serangan penyakit.

9. Menjaga Sistem Saraf
sistem Saraf manusia sangat kompleks, nah daging kambing merupakan salah satu sumber energi yang cukup besar serta memiliki zat yang baik untuk saraf yaitu vitamin B12. Kandungannya 4.4 mcg atau 74% dari kebutuhan harian per 100 gr konsumsi. Bisa anda bayangkan betapa besarnya kandungan vitamin b12 dari daging kambing, ini akan sangat baik untuk sistem saraf.

10. Mencegah penyakit stroke dan ginjal

Manfaat daging kambing untuk pencegah stroke dan ginjal sebenarnya sangatlah besar, tetapi banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya. Manfaat ini dapat muncul disebabkan karena daging tersebut mengandung kalium yang tinggi, serta kandungan sodium dan natrium yang rendah. Kalium akan membantu melarutkan sodium dan natrium dalam tubuh. Dimana penimbunan natrium dan sodium ini biasanya menimbulkan stroke dan penyakit batu ginjal.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "10 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga "

 
Copyright © 2014 Inponih - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia