11 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Terjun ke Dunia Usaha

Kesuksesan adalah hal yang dicari setiap orang. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk meraihnya adalah dengan memulai bisnis. Pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi tren di semua kalangan masyarakat, terutama kalangan muda. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang sudah sukses menjadi pengusaha di usia muda. Hal ini memang tidak mengherankan, karena banyak orang yang mulai merasa lelah dan terbatas dengan hanya menjadi karyawan, sehingga pemikiran untuk membuat bisnis menjadi pilihannya.

Tertarik untuk memulai usaha sendiri? Sebaiknya cari tahu dulu apa saja yang harus Anda pertimbangkan. Meski terlihat mudah, memulai dan menjalani bisnis sendiri tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda pelajari sebelum mengambil keputusan.
1. Tipe perusahaanSekarang telah banyak orang yang memulai bisnis sendiri. Jadi Andapun juga harus mengetahui jenis usaha apa yang akan kamu buat, sekaligus keunikan dan keunggulan dari usaha Anda yang dapat anda tawarkan dengan begitu usaha anda akan berbeda dari yang lain.
2. Bisnis apa
Anda juga harus menentukan jenis bisnis yang akan digeluti, apakah Anda akan membangun bisnis sendiri atau memilih bisnis waralaba di mana Anda cukup membeli lisensi dari produk yang sudah memiliki nama.
3. Rencana pemasaran
Sekecil apa pun bisnis Anda, pemasaran atau marketing juga sangat diperlukan. Cara pemasaran apa yang akan digunakan dan berapa biayanya, merupakan beberapa hal yang patut diperhatikan.
4. Lokasi
Jika Anda membutuhkan kantor atau toko untuk memasarkan produk Anda, lakukan riset terlebih dulu untuk menentukan lokasi yang strategis.
5. Modal
Tanpa modal, pastinya bisnis Anda tak bisa berjalan. Bukan cuma uang yang Anda butuhkan, tapi juga modal berupa keahlian dan ide kreatif.
6. Catatan keuangan
Ketika ingin memulai bisnis sendiri, Anda juga harus memahami catatan keuangan dan apakah akan memerlukan jasa akuntan untuk melakukannya.
7. Nama merek
Nama merek juga sangat penting anda pikirkan, sebelum anda memberi nama merek sebaiknya anda  melakukan riset seputar nama, apakah nama yang akan anda pakai telah dipakai terlebih dahulu oleh orang lain. Selain itu, pilihlah nama merek yang gampang diingat, memiliki keunikan, dan merepresentasikan brand Anda
8. Karyawan
Berapa banyak karyawan yang akan Anda butuhkan, atau sudahkah cukup dengan Anda dan teman-teman yang memulai bisnis tersebut. Semua ini harus dipikirkan secara terperinci, terutama bagi Anda yang memulai bisnis sampingan sambil kerja tetap.
9. Situs online
Di zaman yang serba online ini, alangkah bagusnya jika kita melibatkan bisnis di dalam media online. Jika kamu menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, instagram atau  situs web anda sendiri. Media sosial tersebut berguna untuk anda mempromosikan ataupun memasarkan usaha anda.
10. Kenali kompetitor
Sebelum terjun ke dunia bisnis, Anda juga harus mencari tahu tentang kompetitor yang ada di bidang tersebut. Cara ini agar bisa mencari hal-hal baru yang membuat produk Anda berbeda.
11. Cari Mentor yang Sesuai
Nah, ini dia! Sebagai pengusaha yang baru mau memulai usaha, alangkah baiknya kita tidak perlu mengulangi kembali kesalahan-kesalahan dalam bisnis bukan? Ya, salah sih boleh, tapi kalau mengulangi kesalahan yang sama kan sayang di waktunya, hehe. Maka dari itu di sinilah pentingnya mentor


Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 Inponih - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia