Cara Bijak Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Cepat Abis

Tentunya siapa yang mau hasil kerja keras Anda terbuang sia-sia? Namun tren gaya hidup konsumtif di perkotaan kerap menarik sebagian besar pendapatan Anda untuk kebutuhan sekunder, sehingga gaji seringkali sudah habis sebelum tanggal gajian berikutnya tiba. Jika gaji Anda kerap kali habis sebelum waktu gajian berikutnya tiba, Anda mungkin merasa gaji yang diterima kurang. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika gaji dimaksimalkan manfaatnya untuk memenuhi seluruh kebutuhan Anda.

     1.     Buat Budget Bulanan

Rencanakan anggaran bulanan Anda. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Anda.  Anggaran belanja akan mengajarkan Anda bagaimana Anda mengendalikan uang, bukan uang yang mengendalikan Anda.

2. Segera Bayar Tagihan

Segera lunasi segala tagihan dan cicilan yang belum dibayar setelah menerima gaji. Ini dapat membantu perhitungan anggaran jangka panjang Anda. Jika Anda tidak dapat melunasi hutang dalam waktu singkat, lakukan analisa, dan hitung berapa kali pembayaran lagi hingga hutang tersebut lunas. Jangan sampai pendapatan Anda habis hanya untuk membayar cicilan barang. It can be a nightmare!

3. Sisihkan Untuk Tabungan

Jadikan menabung menjadi prioritas utama bagi Anda tiap bulannya. Besarnya persentase menabung setiap orang tentu berbeda-beda tergantung usia, status pernikahan hingga tanggungan anak. Idealnya 15 persen dari gaji setiap bulan, mengingat dalam satu dekade terakhir terjadi kenaikan harga barang yang cukup drastis di Indonesia.

4. Buat Laporan Keuangan Harian

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan ini, cukup luangkan waktu Anda sekitar 15 menit sehari di malam hari untuk mencatat semua pengeluaran di hari tersebut. Bila Anda belanja di modern market, jangan buang struk belanjanya, ini dapat membantu Anda menghitung pengeluaran di hari itu.. Selain cara ini membantu Anda mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini, ini juga dapat membantu Anda menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak harus Anda beli di bulan yang akan datang.

5. Miliki Dua Atau Lebih Rekening Bank

Anda wajib memiliki dua rekening bank yang berbeda. Rekening pertama dapat Anda gunakan untuk semua transaksi, seperti terima gaji, bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll.
Sementara untuk tabungan yang kedua, digunakan untuk menabung. Buat aturan, setidaknya Anda harus menabung per bulan minimal Rp 1 juta. Dengan adanya aturan ini, Anda akan lebih bijak untuk menggunakan uangnya. Pilih bank yang biaya administrasi tiap bulannya kecil dan dengan fasilitas mesin ATM yang sedikit. Anda pun bisa menyimpan kartu ATM nya di tempat yang tidak mudah dilihat. Usahakan jangan pernah menggunakan uang yang ada di bank kedua. Namun jika Anda terpaksa harus mengambil uang dari bank kedua, pastikan saat tanggal gajian telah tiba, langsung ganti uang yang digunakan di rekening kedua tersebut.

6. Pilih kebutuhan daripada keinginan


Butuh atau ingin? Pernyataan ini sering kali terlupakan ketika hendak membeli suatu barang. Tak jarang hobi shopping yang Anda lakukan hanya memenuhi lemari. Supaya tak menyesal, ketika ingin membeli suatu barang saya sarankan untuk meminta pendapat dari orang terdekat Anda terlebih dahulu atau menunda membelinya dalam beberapa hari ke depan. Cara ini akan ampuh dalam membantu membantu Anda terhindar dari kebiasaan boros.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Bijak Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Cepat Abis"

 
Copyright © 2014 Inponih - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia