Tips Jitu Agar Kamu Dapat Bangkit Kembali dari Kegagalan Berbisnis

Ketika bisnis yang anda jalani gagal, rasanya seperti anda merasakan akhir dari dunia. Tetapi anda akan lega jika mengetahui bahwa bumi terus berputar. Kegagalan, seperti akhir dari segalanya bagi seorang pengusaha.
ketika kita gagal dalam berbisnis, banyak dari kita yang merasa sangat hancur. Kadang-kadang, kita bisa merasa seperti ketakutan terburuk datang dalam kehidupan kita.  Beberapa orang mungkin akan tergeletak di tempat tidur dan terus menangis selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Beberapa yang lain mungkin akan kabur ke Hawai untuk berselancar.
Tidak ada rasa malu untuk mengakui bahwa kadang-kadang kita tidak tahu bagaimana cara memulai pekerjaan dengan baik. Orang menangani keberhasilan dan kegagalan dengan cara mereka sendiri. Tapi cepat atau lambat, kita semua pasti ingin menebus kesalahan kita sendiri dan mengubah kegagalan itu menjadi kesuksesan. Untungnya, ada harapan. Bahkan kegagalan dapat menjadi kesempatan.
Berikut adalah daftar dari apa yang harus anda lakukan untuk dapat bangkit kembali dari kegagalan :

1.     Berani mengakui kesalahan atau kegagalan kamu sendiri
 
Sangat penting untuk secara terbuka mengakui kesalahan atau kegagalan anda sendiri. Jika tidak, anda tidak akan pernah bisa menebus kesalahan anda. Tidak ada gunanya mencoba untuk menyembunyikan fakta bahwa bisnis anda gagal. Atau bahwa anda memainkan peran besar dalam kegagalan itu. Menyalahkan orang lain atau keadaan anda adalah sandiwara menyedihkan yang tidak bisa bertahan lama.
Anda tidak perlu meminta maaf atas pilihan yang anda buat, tetapi penting untuk mengenali dan menghadapi mereka untuk membuat pilihan yang lebih baik ke depannya. Orang-orang akan menghormati pemimpin yang bisa mengakui kesalahan mereka sendiri.

2. Beristirahatlah sejenak (refreshing).

“Burnout” itu asli nyatanya, dan jika kamu sudah pernah mengalami rasanya gagal berbisnis, kamu mungkin akan terpuruk dan membuat kamu stress dan lelah karena hal tersebut. kamu butuh berlibur untuk menghilangkan perasaan tersebut. Bagi beberapa orang, mungkin ada yang berekreasi ke tempat wisata. Bagi yang lainnya, mungkin ada yang hanya dirumah bersantai menonton televisi untuk sementara waktu, atau bahkan mengambil bisnis lain yang memiliki resiko kegagalan lebih kecil.
Intinya adalah untuk menikmati waktu luang ketika anda tidak memikul beban membangun perusahaan sendiri untuk sementara waktu. Istirahat dan penyegaran adalah satu-satunya obat untuk menghilangkan stress.

3. Belajarlah dari pengalaman
 
salah satu cara untuk menghadapi kegagalan yaitu belajar dari kesalahan dan pengalaman. Kamu akan menganalisis setiap kesalahan-kesalahan kecil yang kamu buat dan setiap hal kecil yang bisa kamu lakukan lebih baik.
Ini bisa menjadi hal yang bagus dilakukan. percobaan-percobaan gagal merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kita, meskipun selalu gagal. Jangan membuang dan mengabaikan percobaan gagal. Belajarlah dari hal tersebut. catat dan ingat segala hal yang kamu ketahui bahwa kamu bisa melakukannya lebih baik. Ini akan memotivasi dan memberikan kamu semangat untuk menjadi pengusaha yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.

4. Optimis dan percaya diri.
Kegagalan dapat meruntuhkan kepercayaan diri kamu. Terutama mereka yang dapat meninggalkan kamu ketika kamu sedang mengalami kehancuran dalam bidang finansial. Beberapa peristiwa tersebut dapat mengguncang kepercayaan diri siapapun juga. Itulah manusia.
Tapi cobalah untuk berpikir bahwa optimisme dan keyakinan adalah kunci untuk membuat seorang menjadi pengusaha sukses. Contohnya Steve Jobs, karena kesalahannya sendiri ia dipecat dari perusahaan yang ia dirikan . Tidak ada kegagalan yang lebih besar dari yang telah Jobs lakukan. Namun kegagalan tersebut tidak membuat kepercayaan diri Jobs atau antusiasme pada ide-idenya hilang.
Kamu tidak perlu untuk menjadi seorang yang pandai dan genius untuk mengikuti Steve Jobs. Ingatkan diri kamu bahwa kamu mempunyai kelemahan untuk diperbaiki dan kekuatan untuk diandalkan. Setiap orang pasti pernah jatuh. Namun itu bukan berarti kamu terus jatuh dan tidak dapat bangkit, bangunlah dan berlari kembali.

5. Nikmati awal yang baru.

Perasaan waswas mengawali lagi dari awal bisa melumpuhkan kepercayaan diri pengusaha. setelah bekerja keras untuk membangun usaha yg sukses dari awal , kegagalan di tengah jalan yang kamu alami dapat membuat kamu merasa putus asa. memulai petualangan baru adalah alasan utama yang menjadi sensasi mendorongnya banyak orang ingin menjadi seorang pengusaha. Jadi, cobalah untuk tidak berpikir bahwa mencoba lagi sesuatu dari awal sebagai sebuah kegagalan. Berpikirlah positif dan selalu optimis karena seorang pengusaha yang baik melihatnya sebagai sebuah kesempatan.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 Inponih - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia