wanita yang satu ini mendapatkan kesuksesan hanya dari botol-botol bekas. penasaran????

Bisa Jadi banyak sebagian orang beranggapan bahwa botol-botol bekas adalah sampah yg tak bermanfaat dan harus dibuang. Tapi tidak bagi Ratna Miranti botol bekas merupakan barang yg amat sangat berarti baginya. Ia dapat mengubah botol-botol bekas jadi sesuatu yg sangat berharga. penasaran karya Mbak Ratna nih liat gambar dibawah ini

Dari sebuah hal yang awalnya merupakan kesalahan atau ketidak sengajaan, bukan tidak mungkin lahir sebuah ide sederhana namun luar biasa. Berawal dari ketidak sengajaan, ia yang sebelumnya menekuni industri batik justru terperosok pada dunia bisnis baru yang bahkan sebelumnya belum pernah ia coba, yakni bisnis glass painting. Sebagai seseorang perajin lukisan di atas kaca, botol, gelas & barang yg terbuat dari kaca lainnya. tak disangka usaha glass painting milik Ratna bisa berkembang bahkan lebih besar dari ekspektasi awalnya.

Dia diawal mulanya berprofesi sebagai perajin batik. Ratna dulunya senang membatik. Namun batik semakin kesini semakin banyak & semakin ketat. Hasilnya saya vakum 2 thn lantaran mengurusi anak,” ujar Ratna.

Ratna memutuskan untuk mengawali usahanya lagi. Tapi, ketika mau membeli bahan baku cat utk batik, dia malah membeli cat utk kaca. Dirinya pun iseng-iseng, mencoba melukis diatas kaca. 
Saya salah beli, Malah beli buat cat kaca. Tetapi saya mencoba untuk di botol, di gelas. Nyatanya temen-temen saya suka,” papar Ratna.

Namun, kejadian itu tidak pula merta menciptakan ia percaya diri untuk menumbuh kembangkan usahanya jadi besar. Pada kala itu, Ratna masihlah jual produknya berdasarkan pesanan pengguna.
“saya bikin dulu, dikarenakan pada dasarnya saya hobi melukis. saat itu bertepatan sama Natal, jadi tidak sedikit pesanan bernuansa Natal. Pemasaran saya masihlah mulut ke mulut, di blog, atau bawa ke lokasi ibu-ibu arisan,” ucap Ratna.

Barulah pada thn 2010, genap sesudah usahanya berumur 1 th, ia mendapat peluang utk mengikuti pameran Inacraft di Jakarta. Disitulah peluang besar bagi Ratna utk memperkenalkan produknya. 

Buat mengembangkan usahanya itu dirinya meraih suntikan modal dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM) lewat programnya yakni Unit Layanan Mikro Madani sebesar Rp 50 juta.
“Untuk nambah modal. Anggaran bahan baku & lainnya,” ucapnya. Hingga sekarang ini, omzet yg didapat Ratna dgn produknya yg dinamai ‘Meerakatja’ ini mencapai Rp 30 juta/bulan. Padahal sebelum jadi besar, ia cuma mampu meraup Rupiah 3-5 juta per bln.
“Awalnya omzet Rp 3 juta, paling tinggi Rp 5 juta. Dikarenakan jualnya serta perorangan. Aset awalnya serta mula-mula Rp 500 ribu,” tuturnya.

Buat urusan bahan baku, Ratna mengaku tidak kesusahan. Dirinya juga tidak jarang memesan botol-botol bekas penjual jamu. Tetapi buat catnya, Ratna memakai cat yg diimpor dari Jerman lewat distributor langganannya. Tidak cuma melukis di atas botol, Ratna serta menerima pesanan untuk melukis interior rumah berbahan baku kaca, kaca cermin, vas bunga, gelas, area lampu, guci & lain sebagainya.

“Harganya dari Rp 25 ribu sampai Rp 2,5 juta,” ucapnya. Produknya ini masih banyak tersebar di wilayah Jakarta & Bandung. Sekian Banyak produknya pula sudah masuk ke pasar internasional. Tetapi, dirinya tidak langsung mengekspor produknya ke luar negara, melainkan lewat perantara.
“Kalau yg namanya memang ekspor sih belum. Namun ada pesanan beberapa orang untuk tujuannya ke luar, Kanada, Jerman, tetapi tetap Saya berhubungannya bersama orang Jakarta,” ucap Ratna.

Hingga diwaktu ini, Ratna mempunyai 3 Petugas tetap yg bekerja sebagai pemberi warna terhadap karyanya. Urusan design & lukisan basic, Ratna lah yg turun tangan. “Kalau pesanan lagi banyak, kita dapat hingga 15 orang,” ujarnya. Seandainya kamu tertarik dgn hasil karya Meeraktja ini, kamu dapat langsung datang ke Jalan Sangkuriang O-2, Bandung.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 Inponih - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia